rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 2)

Lanjutan dari : rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 1)

Karena ane uda terlanjur songong buat mutus uang saku bulanan akhirnya ane harus putar otak biar bisa makan tiap hari Jadi setelah usaha yang pertama bubar dan ane ngga bisa ngapa2in karena memang ngga ngerti elektronik sama sekali ane langsung pindah dari usaha ampli gitar ke usaha t-shirt.

Profitnya sih ngga segede usaha yang pertama, tapi masih cukup lah buat beli nas sayur tempe tiap hari ama sesekali pake telor Waktu itu ane bikin desain kaos2 dengan tema event2 yang lagi booming. Karena modal Rp 0,- jadi ane jualnya pake sistem pre order. Ane jual 2-3 desain dan alhamdulillah laku beberapa lusin. Sampe ane punya modal buat bayar desainer. Ane order desain logo ama desain kaos.

Awal bencana (manis) nya ada disini nih. Baca lebih lanjut

rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 1)

Sekarang ane mau sharing soal kegagalan – kegagalan ane waktu jalanin usaha. Klo diinget-inget sedih banget sih, tapi ane jadiin pelajaran aja dan mudah-mudahan juga bisa jadi pelajaran buat yang baca tulisan ini.

1. Yang pertama dulu gan waktu masih jaman kuliah,kira-kira semester 5 ane kan ada usaha jualan ampli custom. Awalnya iseng lama-lama kok laku lumayan banyak. Hasilnya bisa buat upgrade komputer karena kebetulan ane kuliah informatika trus hobi maen game :D

Makin hari makin nambah pelanggannya sampai akhirnya saya mutusin bilang ke ortu klo uang bulanannya di stop aja. Itu juga gara-gara dikomporin ama buku “Power of Kepepet” nya Jaya Setiabudi

Baca lebih lanjut

“Hello World!” Muhammad Rayyan El Zhar said

ebuseet, mungkin itu kata yang terucap waktu ane liat ada bayi keluar dari kemaluan istri ane :D

dulu pas masih sma ane pernah nontonin videonya orang lahiran. belum sampai satu menit ane uda ngilu liatnya >,< tapi sekarang setelah nikah dan perut istri ane membesar tak terkontrol selama 9 bulan lebih sampai akhirnya isi perutnya sudah waktunya dikeluarin, mau ngga mau ane harus ngeliat langsung dari dekat proses menyeramkan itu. tapi entah kenapa dari awal ane buka pintu rumah sampe nidurin istri ane di kasur “pengedenan” di ruang bersalin sama sekali ngga ada perasaan was-was, takut, ngilu atau apalah kaya yang ane rasain waktu nonton video dulu. Alhamdulillah.

dan beribu-ribu berjuta-juta syukur, akhirnya setelah proses yang relatif cepat alias ngga nyampe setengah jam akhirnya anak kami lahir ke dunia.

el zhar

el zhar

Baca lebih lanjut

kalo niat cari suami/istri, kenapa harus dipacarin ?

Memang pacaran itu adalah suatu hal yang indah,tapi ternyata nikah itu lebih indah dan yang pastinya lebih Islam. Sadar atau tidak, sebenernya tujuan orang cari istri ama cari pacar itu beda banget. Saya pernah ngobrol2 sama dosen psikologi UII,beliau bilang tahu ngga beda tujuannya orang nyari pacar sama cari istri/suami? Banyak orang klo ditanya pengen pacar yang kaya gimana jawabannya pasti yang cakep,asik,nyambung dll.tapi klo ditanya pengen suami/istri yang seperti apa jawabannya pasti yang bertanggung jawab,agamanya bagus,sabar,dll. Beda banget kan…
Baca lebih lanjut

perbedaan pola pikir pegawai dan pengusaha

entah orang lain akan sependapat atau tidak yang pasti ini kesimpulan dari apa yang saya alami sebagai karyawan sekaligus pengusaha. inilah perbedaan pola pikir pegawai dan pengusaha menurut versi saya :

1. pegawai dididik untuk menabung, tapi pengusaha dipaksakan untuk meningkatkan pendapatan.

2. saat menemui masalah pegawai selalu mengeluh dan terkadang mengumpat2 atasannya, tapi pengusaha selalu memikirkan solusi dari masalah yang dia hadapi. Baca lebih lanjut

rencana itu cuman buang-buang waktu

Alhamdulillah setelah bertahun2 ni blog jablay, akhirnya saya ada napsu juga buat meng-grepe2 blog saya. kali ini saya mau meluruskan (menurut pendapat saya) pendapat orang klo perencanaan itu penting menjadi perencanaan itu buang2 waktu. mungkin ini cuman berlaku buat saya karena pengalaman saya yang bikin ada pepatah baru ini. mungkin ga perlu di share karena orang lain belum tentu sependapat ama saya tapi bodo amat lah ini blog blog saya, internet juga saya bayar sendiri, makan juga gak minta minta ama orang lain. ups sorry jadi kelewatan, tombol efek sinetronnya kepencet :p

jadi ceritanya gini, pada dasarnya saya adalah seorang yang pemikir. saya selalu melakukan perancangan dan perencanaan sebelum mengeksekusi sesuatu. misalkan saya mau jualan kaos, yang pertama saya lakukan adalah melengkapi tools untuk jualan kaos. misalkan saya menyiapkan website, desainer, simulasi perhitungan laba rugi, survei harga jual dan beli dll. yang tentunya butuh waktu yang lumayan lama dan lumayan menguras tenaga dan diselipin rasa malas yang bisa jadi lebih panjang dari kerjanya sendiri :p Baca lebih lanjut