gimana caranya jadi seperti pak OnnO W Purbo

Sebelumnya saya pengen cerita dikit soal pak onno. Bagi yang belum tahu siapa beliau, beliau ini salah satu pakar IT Indonesia, tapi kayanya satu – satunya pakar IT Indonesia ngetop yang kocak. Kepanjangan huruf “w” dari onno w purbo adalah widodo. Nih photonya :

onno

Mirip banget ama alm. taufik savalas ya🙂

 

Udah gitu aja, selanjutnya kalo masih penasaran ama pak onno silahkan googling, hehe🙂

Waktu workshopnya pak onno w purbo di semarang (30 November 2007) ada audience yang nanyanya sedikit melenceng dari judul ato materi workshop, dia nanya gini “gimana sih pak caranya biar bisa kaya pak onno (ahli jaringan)? Kalo misalnya ada 1000 orang di Indonesia yang kaya pak onno, IT di Indonesia pasti maju kan?” pak onno langsung melakukan ritual sebelum ngejawab pertanyaan yaitu cengar – cengir, cengengesan, unjuk gigi (pengertian asli / denotasi). Bistu beliau langsung jawab “yang pertama, ini yang paling susah, anda harus berani meninggalkan semua pekerjaan anda agar anda bisa fokus kepada apa yang ingin anda kuasai. kedua, pelajari dan lakukan apa yang anda suka. ketiga, sering2lah berbagi ilmu dengan orang lain, bisa dengan join forum atau menulis buku, menulis blog dll.”

ini saya bikinin listnya :

1. Tinggalin semua pekerjaan anda agar bisa fokus.
Ini nih yang susah, kita harus berani ambil keputusan ini. Tapi yang penting setelah kita memutuskan untuk ninggalin kerjaan, kita harus konsekuen kerjain yang nomor 2. Kalo ngga konsekuen bisa makin berantakan mukamu eh masa depanmu.

2. Pelajari dan lakukan apa yang anda suka.
Ngga mungkin kan manusia bisa menguasai berbagai macam hal, kalo dalam dunia IT ngga mungkin banget dia jadi ahli jaringan, ahli sistem informasi, dan ahli kecerdasan buatan sekaligus kecuali dia manusia super. Karena itu jugalah di Indonesia jarang banget ada tenaga ahli, karena kita terbiasa menelan mentah2 materi dari sekolah dan kampus baik itu materi yang kita suka atau tidak. Bagusnya kita jadi tahu banyak hal, tapi jeleknya tidak ada hal yang benar2 kita kuasai, karena kita hanya sekedar tahu. Dan parahnya kebiasaan seperti itu sudah ada sejak kita SD, bahkan mungkin saat di TK juga.
Tar kalo aku da jadi triliuner (bapaknya miliarder), aku pengen bikin sekolah yang di dalamnya dibebaskan bagi siswa untuk melakukan apa yang mereka suka. Mau sekolah cuman pake kutang (siapa tau emang itu bakatnya n dia bisa jadi desainer kutang ternama), cuman tidur selama di sekolah (siapa tau dia bisa masuk rekor dunia tidur terlama). Huehe…

3. Sering2lah berbagi ilmu dengan orang lain.
Langkah awal yang paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan join forum2 IT. Setelah itu kita bisa menulis blog atau menulis buku. Dan jika masih banyak pertanyaan2 tentang ilmu2 yang kita bagi, buatlah seminar.

4. Ada ngga ya, aku lupa (???)🙂

Bagi yang belum tahu dan yang pengen tahu, Bill Gates bosnya Microsoft yang pernah jadi orang terkaya di dunia itu drop out kuliah lho, trus bosnya Oracle, Lawrence “Larry” Elisson, bosnya Dell Michael Dell, Thomas Alfa Edison, Paul Allen, Steve Balmer, trus yang lokal Purdi Chandra pemiliknya Primagama itu juga drop out kuliah.
Aku bukannya nyaranin kalian ato anda2 semua buat drop out kuliah, tapi cuman saran buat anda agar bisa fokus kerjain apa yang jadi minat dan bakat anda. Banyak orang – orang sukses di hidupnya tapi cuman meninggalkan nama setelah dia meninggal, orang sukses dalam hidup adalah orang yang masih tetap di inget setelah dia meninggal. makanya ‘BE DIFFERENT!!!’

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan tidak menyesatkan🙂

gimana caranya jadi seperti pak OnnO W Purbo

5 pemikiran pada “gimana caranya jadi seperti pak OnnO W Purbo

  1. Jangan lupa.. kudu bisa berkomunikasi..

    Percuma pinter kalo gak bisa menyampaikan apa isi otaknya ke orang lain dengan jelas dan tepat..

    Jangan kayak gue, otak aja gak punya.. haha..

  2. @zeal
    iya juga, komunikasi. tapi secara ngga langsung kalo kita terbiasa berbagi ama orang, kita udah belajar gimana caranya berkomunikasi.
    hah ngga punya otak???wah itu temenku baru bawa otak-otak kalo mau, ada yang bakar ama goreng, tapi agak asin sih, kekekeke…..
    @titiw
    your welcome miss titiw….
    ho oh, kocaknya juga sama😀
    @wikikik
    hus model gimana maksudnya???jangan buka kartu AS disini, kekekeke…..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s