selamat tinggal pak soeharto

Pak Harto……mantan presiden yang mengundang pro dan kontra. ada yang menyebutnya bapak pembangunan, ada juga yang mengatakan beliau satu2nya presiden yang terlibat kasus korupsi, tapi ada juga yang menyebut beliau bapak presiden indonesia terlama (32tahun bo’), bapaknya tommy soeharto, bapaknya mbak tutut, bapak reformasi, bapak koperasi indonesia, dan tidak sedikit yang menyebut saya sok tau, lebih tepatnya ngawur😀
Ceritanya waktu itu aku lagi ada di bis perjalanan jogja – surabaya, pas mau berangkat emang udah ada di berita kalo pak harto mau mokad (bahasa alusnya tiada ato bye2), tapi ya siapa tahu Tuhan berkehendak lain. Pas bisnya mau berangkat dari terminal solo tau2 ada tukang jualan minuman nyeletuk pake bahasa jawa, “bapake wis budal, bapake wis budal”. Bagi yang belum tau, itu artinya “arda ganteng, arda ganteng”, ya ngga lah, tuh artinya “bapaknya udah ‘berangkat’, bapaknya udah ‘berangkat’”. Sampe saat itu aku masih belum nangkep maksudnya itu bapak apaan, maklumlah IQ tengkurep.


Trus pas berangkat ada lagi bapak2 kursi sebelah yang bilang ke orang bangku belakang “tuh katanya mau dimakamin di situ tuh” sambil nunjuk ke arah pertigaan ngga jelas. Btw kenapa ngga ngomong ke aku aja ya???hmmm…mungkin karena bapaknya liat aku masih muda belia dan belum waktunya diajak ngomong bginian, ato tuh bapak udah tau kalo IQku tengkurep n tau kalo aku ngga bakal ngerti???(bisa jadi). Dan lagi – lagi aku masih belum tahu siapa orang yang bikin gempar di bis mulai dari terminal solo tadi (ketahuan banget kalo nonton tipi yang ditonton cuman infotainment). Akhirnya seperti biasa aku sandaran di kursi, atur posisi, tangan meluk tas, kaki ngerapet, ngepasin pantat, merem kayanya bentar, bim salabim bukan sulap bukan sihir tau2 nyampe ngawi tempatnya makan sore (tepatnya jam 15:00).
Nah disini nih aku baru tahu apa yang bikin heboh di bis tadi….eh bentar2, disini aku bikin kesalahan fatal. Padahal udah mulai berangkat dari jogja tadi aku punya rencana pesen ayam bakar di rumah makan ntar, tapi kenapa pas nyampe sini aku jadi pesen rawon (???). yaudahlah namanya orang laper apa aja pasti masuk. Dan iyak anda benar, rawonnya yang masih panas banget habis dalam sekejap beserta es tehnya. Oiya kita lanjut ke cerita…abis makan baru aku nonton tipi yang beritanya ada Pak mantan presiden Soeharto meninggal alias wafat alias modar, mokad, tiada, dan bye2. Oooh jadi ini yang dibilang “bapake wis budal” trus ini juga yang bikin bapak kursi sebelah nunjuk – nunjuk ke pertigaan.
Yah akhirnya setelah sakit beberapa lama bapak pembangunan kita akhirnya wafat juga. Eits tunggu dulu itu bukan nada yang ngegambarin kalo aku bersyukur pak Harto meninggal lho. Emang ada yang bilang pak harto satu2nya presiden yang terlibat korupsi, ada yang bilang pak Harto nimbun utang dll. Aku ngga mau ngomongin soal politik, ekonomi dll, yang aku tahu, pak Hartolah presiden yang paling memperhatikan soal olahraga di Indonesia. Dan dari otak pak Harto juga keluar misi “memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat”.
Kalo memang pak Harto banyak bikin salah, dimaafin aja lah. Setuju aja ama pendapat pak SBY, karena emang ngga ada manusia yang sempurna, toh jasa beliau buat bangsa Indonesia juga ngga sedikit. Menurutku orang – orang yang sampai sekarang masih menghujat pak Harto itu kaya peribahasa “gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di tengah samudera tampak” (bener gitu ya???sok2an pake peribahasa sih). Jadi….selamat jalan pak Harto, selamat tinggal Bapak Pembangunan.

selamat tinggal pak soeharto

2 pemikiran pada “selamat tinggal pak soeharto

Tinggalkan Balasan

