rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 1)

Sekarang ane mau sharing soal kegagalan – kegagalan ane waktu jalanin usaha. Klo diinget-inget sedih banget sih, tapi ane jadiin pelajaran aja dan mudah-mudahan juga bisa jadi pelajaran buat yang baca tulisan ini.

1. Yang pertama dulu gan waktu masih jaman kuliah,kira-kira semester 5 ane kan ada usaha jualan ampli custom. Awalnya iseng lama-lama kok laku lumayan banyak. Hasilnya bisa buat upgrade komputer karena kebetulan ane kuliah informatika trus hobi maen game😀

Makin hari makin nambah pelanggannya sampai akhirnya saya mutusin bilang ke ortu klo uang bulanannya di stop aja. Itu juga gara-gara dikomporin ama buku “Power of Kepepet” nya Jaya Setiabudi

Ada beberapa pelanggan baru dan ada pelanggan lama yang reorder. Dan ada satu kenalan pengrajin gitar dari Solo yang tertarik. Dia mau pesan 10 pcs buat dikirim ke toko temannya di Jakarta ama Semarang. Dan klo banyak peminat dia pasti reorder.

Waktu itu harga jual saya untuk ampli paling murah Rp 400.000,- . Buat mangkas ongkos produksi akhirnya ane ajak temen ane yang anak elektro, dan kebetulan ane juga punya temen yang hobi maen gitar sekaligus otak-atik ampli. Berhubung masih ada simpanan duit hasil jualan saya, ya udah ane keluarin aja buat produksi 10 ampli.

Biar hasil lebih bagus dari ampli yang ane jual sebelumnya, ane beliin ampli merk luar yang bagus buat dijiplak rangkaiannya. Ane juga beli gergaji listrik buat ngerjain bodinya. Abis itu ane langsung cari tukang kayu buat ngerjain bodi amplinya, dan dalam beberapa hari bodi ampli uda siap buat dipake.

Beberapa minggu jalan, bodi sudah jadi, trus rangkaian listrik ampli lagi diproses. Setelah beberapa bulan, bodi jadi, rangkaian listrik jadi tapi treble masih kurang mantab. Beberapa bulan setelahnya temen ane ngomong kalo dia diminta kerja kantoran sama ibunya dan dia ngga bisa nolak. Akhirnya terbengkalai lah itu kerjaan bikin ampli, trus bodi ampli yang uda terlanjur ane buat cuman bisa jadi rak buku yang masih ane pake ampe sekarang

pesan moralnya sih, lebih baik kalo kita menguasai A-Z dari bidang usaha yang kita jalanin.

rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 1)

Satu pemikiran pada “rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 1)

Tinggalkan Balasan

