rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 2)

Lanjutan dari : rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 1)

Karena ane uda terlanjur songong buat mutus uang saku bulanan akhirnya ane harus putar otak biar bisa makan tiap hari Jadi setelah usaha yang pertama bubar dan ane ngga bisa ngapa2in karena memang ngga ngerti elektronik sama sekali ane langsung pindah dari usaha ampli gitar ke usaha t-shirt.

Profitnya sih ngga segede usaha yang pertama, tapi masih cukup lah buat beli nas sayur tempe tiap hari ama sesekali pake telor Waktu itu ane bikin desain kaos2 dengan tema event2 yang lagi booming. Karena modal Rp 0,- jadi ane jualnya pake sistem pre order. Ane jual 2-3 desain dan alhamdulillah laku beberapa lusin. Sampe ane punya modal buat bayar desainer. Ane order desain logo ama desain kaos.

Awal bencana (manis) nya ada disini nih. Ini entah otak kanan, kiri atau ngga make otak waktu itu ane lagi liburan kuliah dan ane uda tutup teori jadi tinggal skripsi doank. Waktu itu ane pamitan ama ibu ane buat berhenti kuliah karena emang passion ane ada di usaha. ibu ane malah ngomel2 trus ibu ngomong sama kakak ane juga yang akhirnya juga ngomel2 ke ane Yaudah ane tetep jualan sambil kuliah.

Ane mikirnya klo pre order dapet untungnya pasti lebih lama daripada stok. Akhirnya ane kumpulin modal buat cetak label kaos, bayar desainer ama cetak kaosnya juga. Setelah desainnya jadi ane bingung buat bayarnya ama cetak kaosnya. Kebetulan waktu itu ada duit buat bayar kuliah, ane mikir klo ini ane pake buat modal nanti baliknya bisa buat bayar kuliah n punya modal buat cetak lagi. Ane cetak aja satu desain itu sebanyak2nya, pokonya duit ane abisin buat cetak kaos, bikin web, bikin logo ama bayar desainer.

Dan you know what ternyata distro itu cuman nerima 3-5 biji kaos dengan desain yang sama, padahal kaos2 ane beberapa lusin ane kirim ke satu distro doank karena emang ane cuman punya kenalan di distro itu doank. Akhirnya beberapa lusin kaos ane nganggur di rumah karena cuman dikit (sekitar 3 biji + 2 pasang kaos couple) yang diambil ama distro temen ane.

Alhamdulillah dapet berapa bulan ada temen dari Tegal yang punya stan kaos di mall mau bawa semua kaos sisa. Laku lumayan banyak trus sisanya disedekahin buat korban bencana di Jogja. Lumayan lah tekornya ngga gede2 banget

Pelajarannya : distro itu konsepnya limited. Artinya untuk 1 desain mereka cuman nerima 3-5 item aja. Yang kedua perbanyak kenalan pemilik distro karena biasanya klo distro2 gede itu barang kita ngantri dulu sebelum ditaruh display.

web usaha ane yang sekarang : http://wearesiblings.com

rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 2)

Satu pemikiran pada “rugi makin besar dan besar = usaha kita ada progress (part 2)

Tinggalkan Balasan

